Home / Daerah / Serba Serbi

Jumat, 25 Oktober 2019 - 22:54 WIB

Arisan Gotong Royong Jaga Kebersihan Wajib Diikuti Pegawai Pemkab Purwakarta

PURWAKARTA, matakita.id – Pemerintah Kab. Purwakarta, Jawa Barat, selama ini telah memiliki program tentang penataan lingkungan. Salah satunya, program “Jumaah Bebersih” atau Jum’at bersih.

Kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di pusat kota saja, melainkan juga dilakukan menyeluruh hingga ke peloksok desa.

Salah satu program yang sedang digalakan saat ini, yaitu arisan gotong royong. Seperti namanya, kegiatan bebersih ini dilakukan secara bergilir dari satu wilayah ke wilayah lainnya di lingkup kecamatan. Dan program ini dilaksanakan setiap hari Jumat pagi.

BACA JUGA :  Polres Ciamis Gencar Laksanakan Ops Yustisi Pada Pelanggar Prokes

Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika,SE menuturkan, wilayahnya selama ini terkenal akan kebersihan dan keasriannya. Bahkan, sudah lebih dari satu dasawarsa, daerah yang saat ini dipimpinnya itu diibaratkan “Raja Tanpa Mahkota” dalam bidang kebersihan.

“Purwakarta, dari dulu termasyur akan kebersihannya. Nah, ini harus terus dipertahankan,” tutur Bupati Anne, Jum’at (25/10/2019).

Menurut Bupati, semua itu tak lain merupakan buah dari kebijakan pemerintah kabupaten. Selama ini pemerintah memiliki program yang isinya mengintruksikan seluruh pegawai pemerintahan untuk gotong royong membantu masyarakat dalam hal menjaga kebersihan.

BACA JUGA :  Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika,SE: Pembangunan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Optimalisasi Pelayanan Publik

“Jadi, dalam kebijakan ini menginstruksikan seluruh pegawai, baik yang ada di lingkungan OPD/instansi, kecamatan hingga kelurahan/desa supaya turun ke lapangan untuk bebersih lingkungan di setiap hari Jum’at (Jumsih),” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, wilayah – wilayah yang harus dibersihkan sudah terjadwal. Sehingga, nantinya seluruh pegawai wajib datang ke lokasi yang telah ditentukan, seperti arisan.

BACA JUGA :  Sat Brimob Polda Jabar Ingatkan Masyarakat Jatiroke Sumedang Pentingnya Protokol Kesehatan

“Misalnya Jum’at pekan ini di wilayah Kecamatan kota, nah seluruh pegawai harus datang kesana. Nanti pekan depannya, di wilayah mana lagi. Terus berkeliling seperti itu,” kata Anne.

Ia menjelaskan, tradisi menjaga kebersihan secara gotong royong ini harus terus dilaksanakan. Agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kebersihan menjadi tanggung jawab bersama. Makanya, yuk kita bersama – sama menggiatkan kembali gotong royong,” ajak Bupati. (zul/hms)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Daerah

Tolak RUU Omnibuslaw, PMPSS Tiba Di Senayan

Daerah

HUT RI Ke 75, Polres Purwakarta Gelar Baksos Pembagian Sembako Kepada Masyarakat

Daerah

HERO Menang Di Pilkada PALI, Tim HERO: Jangan Coba – Coba Mencurangi dan Merobah Angka

Daerah

Hari Kelima Ditemukan Banyak Pelanggar PSBB, Polisi Sidoarjo Lakukan Tindakan dan Rapid Test

Daerah

Wakil Walikota Palembang Sambangi Rumah Baca KRMPN

Daerah

Langkah MOI Makin Mantap, Pra-UKW Angkatan IV Segera Digelar

Daerah

Sat Lantas Polres Cirebon Kota Polda Jabar, Peduli Pengguna Jalan, Tambal Jalan Berlubang

Daerah

Maksimalkan Physical Distancing BNI Alihkan Layanan Sebagian Kantor Cabang