Home / Daerah

Selasa, 31 Desember 2019 - 21:10 WIB

Bupati Pali Lantik 12 Kepala Desa terpilih periode 2019-2024

MATAKITA.ID | PALI – Kepala Desa (Kades) harus menjadi  motor penggerak perubahan   khusunya dalam mendukung percepatan pembangunan Pemerintah Daerah. Harus mamapu menggerakan masyarakat serta menjadi aktor dalam meningkatkan kesejahteraan warga desa.

 

Demikian diungkapkan, Bupati PALI, H. Heri Amalindo saat melantik 12 desa terpilih periode 2019-2024 di halaman rumah dinas Bupati, Selasa (31/12/2019).

 

“Wujudkan perubahan desa yang baik dan berkialitas, ajak untuk bersama-sama musyawara  seluruh elemen masyarakat desa  untuk menjalankan program  kerja. Apa yang akan di jalankan, libatkan semua, Pemangku ada, PKK, toko masyarkat dan toko agama,” ujar Heri Amalindo.

Baca Juga :  Kadin Jatim Dorong Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat Ditingkatkan

 

Kedepankan pengelolaan BUMDes sejatinya harus  inovatif dan kreatif sehingga menimbulkan peluang-peluang ekonomi baru bagi masyarakat desa. Yang muaranya adalah kesejahteraan masyarakat desa khususnya. Karena apa, berhasilnya suatu daerah, ujung tombaknya adalah pembangunan dari tingkat desa.

 

“Ini harapan kita dan tentunya  menjadi  perhatian seluruh masyarakat luas khususnya kades,” tegas Heri Amalindo.

 

Dia juga menghimbau saat ini TP PKK tengah gencar-gencarnya dalam mencegah Stunting, artinya apa, seluruh perangkat desa harus mendukung dalam mengentaskan kemiskinan, keterbelakangan, dan kekumuhan, ini harus kita rubah.

Baca Juga :  RK : Dari 257 Desain Ibu Kota Baru Hanya 5 Desain Yang Ikut Tahapan Lanjutan

 

“Kepala Desa harus  memberanikan diri untuk mendobrak dan berinovasi. Dengan dana, baik itu ADD dan DD  yang ada Kades harus bisa membawa perubahan,” harapanya.

 

Masih kata Heri Amalindo, kedepan menjadi tantangan bagi semua kepala desa, baik yang baru dilantik maupun sudah dilantik. Tantangannya adalah SDM masyarakat desa itu sendiri, mengubah tatanan dan sistem perekonomian di desa memerlukan SDM yang baik dalam menjalankan program-program kerja di desa. Pemanfaatan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat dengan baik.

 

“Jadikan desa sebagai percontohan dalam pengelolaan desa, pemberdayaan masyarakat,  mandiri, inovatif dan kreatif,” beber Heri Amalindo.

Baca Juga :  Seruling di Lembah Sunyi, Lagu Duka SBY untuk Bu Ani

 

Kepala desa tidak bisa lagi hanya berpangku tangan dan merasa dirinya hebat hanya karena menjadi pemimpin desa, tetapi harus mau  menjadi pemimpin dan imam yang baik, harus mampu menjadi arsitek, permasalahan di desa harus bisa dipecahkan besama.

 

“Kades harus mau pusing, terkait dengan aturan  utamakan tertib administrasi, ikuti aturan yang ada, berikan tauladan bagi seluruh masyarakat desa,” pungkas Heri Amalindo. (Syam)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Daerah

Azerbaijan Buka Potensi Kerjasama Pariwisata dengan Jawa Barat

Daerah

Ridwan Kamil: HPN 2022 Harus Di Bandung

Daerah

Produksi Beras Sumsel Duduki Peringkat 5 Nasional

Daerah

 Bupati dan DPRD Purwakarta Tetapkan APBD Tahun Anggaran 2020

Daerah

Update Covid-19 Purwakarta: Jumlah ODP dan PDP di Purwakarta Berkurang

Daerah

1000 Paket Sembako Dibagikan Polres Tanjung Perak Kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Daerah

HD : Cegah Bencana Dengan Tidak Merusak Alam

Daerah

Puluhan Pedagang Pasar Rebo Lakukan Rapid Test, Hasilnya : 2 Positif