Bupati Purwakarta Pastikan Sarana dan Prasarana Taman Air Mancur Sri Baduga Berfungsi | MATAKITA.ID google-site-verification=iDZD_sCXRN3R-DqV5CJ4GT0iMTQps4yfhRlW83dgnsI

Home / Daerah / Purwakarta / Wisata

Jumat, 27 Mei 2022 - 13:59 WIB

Bupati Purwakarta Pastikan Sarana dan Prasarana Taman Air Mancur Sri Baduga Berfungsi

MATAKITA.ID – Sebelum menjadi Taman Air Mancur Sri Baduga, taman ini merupakan danau yg cukup luas berbentuk bulat yg disebut Situ Buleud. Asal usul Situ Buleud berkaitan dengan peristiwa perpindahan ibukota Kabupaten Karawang dari Wanayasa ke Sindangkasih, tepatnya sejalan dengan pembangunan  infrastruktur Kota Purwakarta pada tahap awal.

Situ Buleud dibuat atas gagasan Bupati R. A. Suriawinata yang memerintah antara tahun 1830 – pertengahan tahun 1831. Situ Buleud dibuat dengan dua tujuan dan kegunaan. Pertama sebagai sumber air bagi kepentingan Pemerintah dan masyarakat Kota Purwakarta.

Bupati Purwakarta Tinjau Lokasi Wisata Air Mancur Sri Baduga

Beberapa tahun yang lalu, Situ Buleud sudah berganti nama menjadi Taman Air Mancur Sri Baduga yang merupakan air mancur terbesar Se-Asia Tenggara. Taman ini merupakan destinasi wisata unggulan Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang terkenal dengan arsitekturnya yang unik.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara 74, Polres Purwakarta Berikan 16 SIM D Gratis Kepada Penyandang Disabilitas

Hari ini, Jumat, 27 Mei 2022, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta melakukan pengecekan sarana dan prasarana Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta. Menjelang perayaan Hari Jadi Purwakarta, jajarannya memastikan segala fasilitas di kawasan wisata tersebut bisa berfungsi.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari persiapan peringatan Hari Jadi Purwakarta. Kita masih belum menerapkan ticketing. Warga atau wisatawan masih dapat memasuki Taman Air Mancur Sri Baduga secara gratis,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, dengan kembali beroperasinya Taman Air Mancur Sri Baduga, diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Purwakarta sehingga mendorong peningkatan dan pertumbuhan para pelaku usaha di Kabupaten Purwakarta.

BACA JUGA :  Jelang Perayaan Natal, Waka Polres Majalengka Pimpin Sterilisasi Gereja

Rangkaian Hari Jadi Purwakarta Ke-191 dan Kabupaten Purwakarta Ke-54

Peringatan Hari Jadi kali ini mengambil tema, Purwakarta Festival 10 dengan sub tema, Pemulihan Ekonomi Masyarakat, Kebangkitan Pariwisata dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Rangkaiannya akan dimulai pada 30 Mei 2022 mendatang. Sedangkan untuk susunan acara akan dimulai 2 Juni sampai 17 Agustus 2022 mendatang.

Bupati Purwakarta mengajak seluruh masyarakat Purwakarta untuk meramaikan acara tersebut. “Untuk warga luar kota Purwakarta yang mau ikut serta meramaikan acara hari jadi Purwakarta, dipersilahkan untuk datang ketempat acara dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” demikian Ambu Anne. ****

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Daerah

Festival Kejuaraan Pencak Silat Bupati ,Digelar Di GOR Panatayuda Karawang

Daerah

Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemkab Purwakarta Bahas Penerapan PPKM Mikro

Daerah

Kapolda Jabar: Keamanan Diwilayah Yang Melaksanakan Pilkada Harus Tetap Terjaga

Daerah

Peringati HUT RI, Bersama TNI – Polri dan Dishub, Sat Lantas Polres Bogor Bagikan 1000 Masker

Daerah

300 Peserta Ikuti Pelatihan Peningkatan Kemampuan Tugas Polri di SPN

Daerah

Covid-19 Purwakarta, 16 Orang Terkonfirmasi Positif

Daerah

Update Covid-19 Purwakarta: Konfirmasi Positif Terus Bertambah, Angkanya Tembus 89 Orang

Daerah

Saat Pengamanan Pendistribusian Bansos, Kapolsek Bantarujeg Sosialisasikan 3M dan Patuhi Prokes