Gus Menteri Hadiri Pembukaan Musrenbangnas 2021 | MATAKITA.ID google-site-verification=iDZD_sCXRN3R-DqV5CJ4GT0iMTQps4yfhRlW83dgnsI

Home / Hukum & Kriminal

Selasa, 4 Mei 2021 - 13:43 WIB

Gus Menteri Hadiri Pembukaan Musrenbangnas 2021

MATAKITA.ID | Jakarta – Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar hadiri pembukaan Musrenbangnas 2021 secara virtual pada Selasa (4/5/2021).

Presiden Joko Widodo saat membuka acara ini mengingatkan eksekusi perencanaan harus mengikuti tantangan dan peluang

Mengenakan batik corak emas, Gus Menteri, sapaan akrabnya, terlihat serius mengikuti setiap tahapan Musrenbangnas yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka.

Doktor Honoris Causa ini mengikuti dengan seksama setiap arahan Presiden Joko Widodo dalam acara itu dengan sesekali membuat catatan kecil.

Joko Widodo dalam arahannya mengatakan, disiplin protokol kesehatan, pelaksanaan vaksinasi dan tracing, testing, treatment (3T) membutuhkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak.

Jokowi mengingatkan pentingnya penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam penanganan pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan, pandemi ini telah berikan pelajaran yang luar biasa until perencanaan pembangunan Indonesia.

BACA JUGA :  Ditlantas Polda Jabar Sosialisasi Ops Zebra Lodaya 2020 Melalui Media Elektronik Di Stasiun Radio Kota Bandung

“Pertama, sebaik apapun perencanaan yang sudah kita buat, kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat. Untuk menyesuaikan dengan tantangan dan peluang- peluang,” kata Jokowi saat membuka acara yang digelar oleh Bappenas ini.

Eksekusi perencanaan harus berubah mengikuti tantangan dan peluang yang bergerak secara dinamis. Namun, kata Jokowi, tujuan utama perencanaan pembangunan tidak boleh berubah yakni untuk menyejahterakan rakyat demi kemajuan bangsa. Karena itulah, dukungan dan sinergi dari berbagai pihak amat dibutuhkan di tengah musibah pandemi Corona.

“Yang tidak berubah adalah tujuan utamanya yaitu untuk menyejahterakan rakyat, untuk memajukan bangsa. Tetapi, caranya sering kali harus berubah karena tantangan dan peluangnya setiap saat juga bisa berubah-ubah,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

BACA JUGA :  Bupati Purwakarta Resmikan Gedung PMI

Sinergi kekuatan bangsa untuk menghadapi masalah kesehatan dan ekonomi akibat pandemi corona mutlak harus dilakukan agar Indonesia bisa keluar dari bencana global.

Kemandirian untuk memproduksi alat kesehatan dan juga obat-obatan harus mendapatkan dukungan dalam kondisi seperti sekarang ini. Tak kalah penting, lanjut Jokowi, dukungan dari negara lain kepada Indonesia sangat diperlukan.

“Kedua, kita butuh sinergi kekuatan bangsa untuk memecahkan masalah yang kita hadapi, masalah kesehatan, masalah perekonomian. Disiplin prokes, testing, tracing, dan treatment dan vaksinasi membutuhkan dukungan dari semua, dari seluruh komponen bangsa, butuh keaktifan dari seluruh jajaran pemerintahan, dari pusat sampai daerrah, demikian pula produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampai yang besar untuk memproduksi alkes dan obat, juga dukungan dari negara lain ini juga sangat diperlukan,” terang Jokowi.

BACA JUGA :  Ratusan Miras Dari Berbagai Merk Diamankan Satres Narkoba Polres Majalengka

Penggunaan Iptek mutakhir semakin tidak bisa dihindarkan. Karena itu, Jokowi ingin jajarannya menerapkan Iptek dalam pelayanan masyarakat, pendidikan, bisnis, dan teknologi dalam bidang kesehatan.

Ketiga, penggunaan Iptek mutakhir semakin tidak bisa kita hindarkan. Ketika pelayanan pemerintahan, pelayanan pendidikan dan bisnis ritel tidak bisa secara luring, kita harus berubah cepat menggunakan instrumen online atau daring.

“Ketika kita butuh data yang cepat dan akurat, data yang terintegrasi yang kita butuhkan adalah teknologi digital. Ketika kita butuh obat, butuh vaksin, butuh alkes, yang kita butuhkan untuk cepatnya adalah kita butuh teknologi,” pungkas Jokowi. ( RED )

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Ekbis

Kunker Kapolri ke Lombok, Danrem 162/WA Berikan Buku “Mempolong Merenten Rehab Rekon Gempa Lombok”

Daerah

Selain Sosialisasi 3M, Petugas Gabungan Tertibkan Knalpot Bising Diwilkum Polres Kuningan

Hukum & Kriminal

Berbagi Terhadap Sesama Ini Yang Dilakukan Polres Metro Jakarta Pusat Selama Ramadhan

Daerah

Lakukan Pelanggaran Berat, 8 Polisi Dijajaran Polda Sumsel Diberhentikan dengan Tidak Hormat

Hukum & Kriminal

Satgas Nemangkawi TNI – Polri berhasil kendalikan situasi Beoga, Kab. Puncak

Hukum & Kriminal

Polda Jabar Ungkap Kasus Produksi Perdagangan Karet Tabung Gas LPG Tidak ber SNI

Hukum & Kriminal

Kemendagri Fasilitasi Pemda Selesaikan Batas Daerah Agar Tak Hambat Investasi

Hukum & Kriminal

Aktivis ARM Ciayumajakuning bongkar dugaan Penyimpangan Anggaran DAK TA.2020 pada Dinas Pendidikan Kota Cirebon
%d blogger menyukai ini: