MATAKITA.ID – Hyundai Ioniq 5 N secara resmi memulai debutnya, dengan tampil perdana di dunia pada Goodwood Festival of Speed tahun ini. Hyundai Ioniq 5 N Debut di Goodwood Festival of Speed: Mobil Listrik Berperforma Tinggi Pertama dari Hyundai. Ini adalah model elektrifikasi berperforma tinggi pertama N, tetapi ini bukan yang terakhir.
Hyundai mengatakan Ioniq 5 N adalah “langkah pertama” dalam strategi elektrifikasinya, dengan sub-merek lain akan menyusul di masa depan. Hyundai Ioniq 5 N memakai dua motor listrik. Model itu memiliki output total 600 tenaga kuda (448 kilowatt) dan torsi 545 lb-ft (740 Newton meter), yang mungkin sedikit berubah sebelum produksi dimulai. Itu meningkat menjadi 641 hp. (478 kW) dan torsi 567 lb-ft (770 Nm) saat N Grin Boost diaktifkan, yang berlangsung selama 10 detik.
Penggerak semua roda dapat mempercepat N hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik, dengan N Grin Boost menguranginya menjadi 3,4. Kecepatan maksimal mobil tersebut adalah 260 km/jam.
Hyundai menawarkan model dengan kapasitas baterai tertinggi, dengan kapasitas 84,0 kilowatt.
Ini memiliki teknologi 800 volt untuk pengisian ultra cepat, mengisi baterai dari 10 hingga 80 persen dalam 18 menit.
Hyundai Ioniq 5 N Debut di Goodwood Festival of Speed: Mobil Listrik Berperforma Tinggi Pertama dari Hyundai
Tehnologi Untuk Lintasan
Pengemudi dapat mengoptimalkan kinerja baterai dengan melakukan pra-pengisian baterai Hyundai N. Ini memungkinkan pengemudi untuk memilih antara mode Drag atau Track.
Mode pelacakan (Track) mengoptimalkan suhu baterai untuk menghasilkan putaran sebanyak mungkin. Mode seret (Drag) memberikan semburan pendek dari tenaga total, dan ini hanyalah beberapa alat perangkat lunak yang digunakan Hyundai untuk meningkatkan pengalaman berkendara di belakang kemudi, baik di jalan umum maupun di arena balapan.
Fitur Auto N Race, bersama dengan dua mode lainnya, memberikan kontrol konsumsi energi mobil yang lebih baik. Mode daya tahan memaksimalkan jangkauan di lintasan, yang dicapai dengan membatasi tenaga puncak mobil. Mode sprint justru sebaliknya, mendukung kekuatan penuh. N Launch Control, yang menawarkan pengaturan untuk tiga level cengkeraman yang berbeda, membantu mobil memulai dengan cepat.
Hyundai tidak memberikan bobot trotoar Ioniq 5 N, namun mengungkapkan bahwa mobil tersebut lebih berat dari model biasa. Pembuat mobil mencantumkan Ioniq 5 SE level awal sebagai standar dengan berat 3.968 pound, sedangkan versi terberat, all-wheel drive Limited, memiliki bobot 4.663 pound. Mobil listrik ini memiliki roda yang lebih besar, suspensi yang telah direvisi sepenuhnya, tip udara baru, dan sistem pengereman regeneratif yang diperbarui yang menambah bobotnya.
Namun, Hyundai telah bekerja keras pada perangkat lunak dan teknologi lainnya. Sistem N Brake Regen pada model ini menyediakan tenaga pengereman utama dan pelengkap sistem mekanis sesuai kebutuhan, seperti saat berkendara di lintasan balap.
Sistem pengereman regeneratif dapat menghasilkan gaya pengereman hingga 0,6 G dalam kondisi normal dan hingga 0,2 G saat ABS diaktifkan. Suspensi depan monobloc empat piston memasang rotor 15,75 inci (400 mm), sedangkan kaliper piston tunggal memasang rotor belakang 14,17 inci (360 mm). Hyundai memproduksi rem dari bahan struktural hibrida ringan baru yang menghasilkan rem terkuat yang pernah ada.
Drive yang disempurnakan perangkat lunak
Produsen mobil mengembangkan pedal N sebagai solusi lain untuk mengatur bobot dan ukuran Ioniq 5 N di belakang kemudi. Perangkat lunak ini meningkatkan pengereman regeneratif untuk memastikan perpindahan bobot yang meningkatkan kemampuan menikung mobil. Ini dirancang untuk rotasi cepat.
Trik hebat lainnya adalah N Drift Optimizer, yang sesuai dengan namanya. Sistem ini mengontrol beberapa sistem kendaraan untuk mempertahankan sudut kemudi. Jika pengemudi membutuhkan usaha lebih untuk melaju, Hyundai telah mengintegrasikan fungsi Torque Kick Drift ke dalam aplikasi.
Fitur ini mensimulasikan langkah kopling yang di gunakan pada kendaraan penggerak roda belakang. Ioniq 5 N juga memiliki distribusi torsi N dengan 11 tingkat penyetelan dan diferensial selip terbatas elektronik.
Selain itu, sistem Hyundai N e-shift dan N Active Sound meningkatkan pengalaman berkendara. Transmisi N-e memberi Ioniq 5 N nuansa transmisi kopling ganda delapan kecepatan. Sistem ini mensimulasikan guncangan antar gigi dengan menyesuaikan torsi engine.
N Active Sound melengkapi N e-shift dengan menawarkan tiga tema suara yang berbeda. Sakelar tersebut mensimulasikan suara mesin Hyundai N 2.0 liter turbocharged.
Evolusi terinspirasi oleh RN22e, sedangkan tema suara Supersonik mencakup volume yang dapat di sesuaikan yang bersumber dari pesawat tempur bermesin ganda. Simulasi suara dan pergeseran membantu menyampaikan kepada pengemudi apa yang ada di dalam mobil listrik.
Tampilan baru yang sporty
Ioniq 5 N lebih besar dari model standar, lebih lebar 1,6 inci (40 mm) di bagian bawah dan lebih panjang 3,2 inci (80 mm). Mobil juga lebih rendah 0,79 inci (20 mm) ke tanah. Mobil tersebut di lengkapi dengan spoiler bibir bawah pada bemper, ventilasi udara aktif, dan tirai jaring fungsional.
Finishing hitam beraksen Hyundai dan warna oranye cerah eksklusif untuk bumper, side skirt, dan diffuser belakang. Mobil tersebut memiliki roda aluminium tempa 21 inci yang di bungkus dengan ban Pirelli P-Zero yang di adaptasi untuk kendaraan listrik. Di dalam, Hyundai telah memasang setir N desain baru yang menampilkan lencana performa untuk pertama kalinya.
Roda kemudi memiliki empat tombol – pemilihan mode berkendara, N Grin Boost, dan dua tombol N Custom.
Dua pemicu terpisah memungkinkan pengemudi untuk mengatur mode mengemudi kustom yang di inginkan terkait dengan setiap tombol. Dayung untuk fungsi perpindahan E dan pedal N terletak di belakang setir. Pembuat mobil ini juga meningkatkan kenyamanan pengemudi di lintasan.
Perusahaan memasang bantalan lutut dan pijakan kaki di konsol tengah yang di perkuat dan menambahkan sandaran tangan geser. Hyundai juga menurunkan jok berlapis sekitar 0,79 inci, tersedia dalam kain pola piksel dan kulit atau eco-Alcantara dan kulit.
Ioniq 5 N tersedia dalam 10 warna. Dua di antaranya – N Performance Blue Matte dan N Performance Blue – unik untuk model ini. Warna lainnya adalah Abyss Black Pearl, Cyber Gray Metallic, Ecotronic Grey Matte, Ecotronic Grey, Atlas White, Atlas White Matte, Gravity Gold Matte dan Soultronic Orange Pearl. Interiornya hanya tersedia dalam warna hitam dengan aksen Performance Blue. Harga dan ketersediaan
Harga dan ketersediaan
Hyundai belum mengungkapkan harga Ioniq 5 N. Harga untuk model top edisi terbatas mulai dari $53.935 dan N di perkirakan akan lebih mahal lagi. Perusahaan tidak menyebutkan kapan mobil tersebut akan mulai di jual, namun bisa sampai ke konsumen tahun depan. Mereka mengatakan akan merilis informasi harga nanti, kemudian kita akan mengetahui harga AS dan tanggal penjualan. Ioniq 5 standar memiliki jangkauan 220 mil (354 km). (Net)