Home / Daerah

Senin, 24 Februari 2020 - 22:13 WIB

Jawa Barat Ingin Menjadi Green Province

MATAKITA.ID | BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pembangunan berkelanjutan dengan pengelolaan kehutanan yang baik menjadi sangat penting dalam mewujudkan cita-cita Jabar sebagai Green Province.

“Kita punya cita- cita Jawa Barat ini menjadi Green Province. Artinya bahwa sektor kehutanan harus mendukung hal ini,” kata Setiawan saat membuka Forum OPD Dinas Kehutanan Provinsi Jabar di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (24/2/20).

Baca Juga :  Saudi Arabia Stop Visa Umrah, 120 Orang Asal Purwakarta Terancam Gagal Umrah

Namun di sisi lain, kata Setiawan, tekanan penduduk Jabar, yang hampir mencapai 50 juta jiwa, akan terus mendorong pergeseran tata guna lahan.

“Biasanya hutan menjadi lahan perkebunan, perkebunan jadi pertanian, pertanian jadi perumahan. Akhirnya berubahlah tatanan dari hutan itu,” ucapnya.

Menurut Setiawan, pergeseran tata guna lahan akan berdampak pada lahan kritis Jabar, yang kini luasnya sekitar 900 ribu hektare. Maka itu, dia berpesan kepada Dishut Jabar untuk meningkatkan peran managerial-nya, serta mengelola sumber daya kehutanan secara efektif, efisien, dan maksimal.

Baca Juga :  Tingkatkan Perekonomian, Pemkab Purwakarta Genjot Pembangunan Lingkar Timur

Dengan begitu, menurut Setiawan, Dishut Jabar dapat memberdayakan potensi hutan Jabar dengan maksimal, dan mendukung pembangunan berkelanjutan dengan terus menjaga keseimbangan lingkungan.

“Posisikanlah Dinas Kehutanan ini sebagai manager untuk mengelola sumber daya, baik anggaran, maupun pelaksanaan kegiatan yang ada di Jawa Barat ini,” katanya.

Baca Juga :  Banyak Jaksa Main Proyek, TP4 Akhirnya Dibubarkan

Selain itu, Setiawan pun mendorong Dishut Jabar untuk memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap hutan-hutan di Jabar. Dia juga meminta Dishut Jabar untuk berkolaborasi dan berinovasi bersama berbagai pihak.

“Pola kontrol, monitoring, teman-teman di Dinas Kehutanan jangan selalu konvensional. Tapi, pergunakanlah teknologi,” ucapnya. (Rls)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Daerah

Anne Ajak Masyarakat Mengawasi Distribusi Gas 3 kg

Daerah

Cegah Stunting, Disdik Purwakarta Dorong Sekolah Tanam Padi Bergizi

Daerah

Bupati Purwakarta Minta Kantor Pemerintahan Berinovasi dalam Pengelolaan Sampah

Daerah

PKB Berinisiasi Panggil Ambu-Aming

Daerah

Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Siap Fasilitasi E-Sport

Daerah

Kapolda Sumsel Resmikan Mapolres PALI

Daerah

Hewan Ternak di Purwakarta Bebas Antraks

Daerah

Imlek Untuk Kedamaian Umat Beragama di Purwakarta