Kemendagri Salurkan 182 Hewan Kurban | MATAKITA.ID google-site-verification=iDZD_sCXRN3R-DqV5CJ4GT0iMTQps4yfhRlW83dgnsI

Home / Religi & Misteri

Kamis, 22 Juli 2021 - 11:16 WIB

Kemendagri Salurkan 182 Hewan Kurban

Jakarta | Matakita.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah mempersiapkan penyaluran 182 hewan kurban dengan rincian 90 ekor sapi, 91 ekor kambing, dan seekor kerbau. Sebanyak 24 ekor bakal disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan dagingnya bakal diberikan kepada lebih dari 2.500 mustahik yang berada di lingkungan Kemendagri. Selain itu, sebanyak 158 hewan kurban yang terdiri dari 68 ekor sapi, 89 ekor kambing, dan seekor kerbau diserahkan langsung kepada lembaga dan yayasan yang telah ditunjuk oleh Kemendagri.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh selaku Ketua Badan Pengurus Masjid An-Nuur Kemendagri mengimbau agar setiap kegiatan pemotongan hewan kurban harus menaati protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Kapolri Silaturahmi Ke Habib Syech Bicara Soal Penanganan Covid-19 dan Program Vaksinasi Nasional

Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. “Pelaksanaan penyembelihan hingga pendistribusian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan meminimalisir kerumunan,” imbau Zudan saat rapat persiapan penyaluran hewan kurban Idul Adha 1442 Hijriah secara virtual, Rabu (21/7/2021).

Tak hanya itu, peralatan yang digunakan saat penyembelihan juga harus dilakukan sterilisasi terlebih dulu, termasuk dengan kantong daging agar dipastikan kebersihannya.

Hal ini juga mengacu kepada Fatwa MUI, bahwa pihak yang terlibat dalam proses penyembelihan saling menjaga jarak fisik dan meminimalisir terjadinya kerumunan. Kemudian, selama kegiatan penyembelihan berlangsung, pihak pelaksana harus menjaga jarak fisik, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun selama di area penyembelihan, termasuk saat akan mengantarkan daging kepada penerima, dan sebelum pulang ke rumah. Selain itu, pendistribusian daging kurban juga mesti dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali, Konon Kabarnya Di Huni Raja Jin

“Semoga semua kurban yang kita salurkan dengan niat yang ikhlas dapat diterima oleh Allah SWT,” harap Zudan selaku Pengarah dalam susunan Panitia Penyelenggaraan Kegiatan Idul Adha Tahun 1442 H/2021 M di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan tersebut.

BACA JUGA :  Kapeng Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Tinjau Uji Kompetensi Sekolah Doble Track

Sebagai informasi Kepanitian Penyelenggaraan Idul Adha Tahun 1442 H/2021 M tersebut dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 003.205-1326 Tahun 2021 tanggal 1 Juli 2021. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Safrizal ZA ditunjuk sebagai Ketua Panita dan Sekretaris Ditjen Bina Adwil Indra Gunawan selaku Wakil Ketua. ( Red )

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Nasional

Penyerahan Wakaf 1000 Al-Quran Untuk Kabupaten Batu Bara

Religi & Misteri

Ciptakan Kamtibmas Kondusif, Kapolsek Gringsing Intens Silaturahmi ke Tokoh Agama

Daerah

Bhabinkamtibmas Sidoarjo Door to Door Bagikan Daging Qurban

Religi & Misteri

Resmikan Ponpes Tajul Falah Banten, Kapolri: Silahturahmi dengan Ulama Jangan Pernah Putus

Religi & Misteri

Prajurit TNI Yonif 131/Brs Bantu Membangun Gereja Jelang Hari Raya Paskah

Religi & Misteri

Dari Keteladanan Nabi Muhamad SAW, Kuatkan Persaudaraan dan Kepedulian Guna Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif

Religi & Misteri

Dapatkan Keberkahan Bergaulah Dengan Orang Sholeh, Perbanyak Baca Quran, Zikir dan Sholat Malam

Religi & Misteri

Bantu Ciptakan Kondisi Aman dan Damai, Wakil ketua MUI Jawa Tengah Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan
%d blogger menyukai ini: