Home / Pendidikan

Sabtu, 8 Februari 2020 - 11:57 WIB

KPK Puji Akselerasi Pendidikan Anti Korupsi di Purwakarta

MATAKITA.ID | Purwakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi langkah responsif Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan yang telah mengakselerasikan pendidikan anti korupsi di sekolah – sekolah.

 

Sejak terbitnya regulasi, lima atau enam bulan kemudian, Dinas Pendidikan Purwakarta sudah menerapkan regulasi ini. Ini dianggap sangat luar biasa. Selain itu, KPK juga mengapresiasi inisiatif – inisiatif yang meuncul untuk mengimplementasikan setiap peraturan, seperti melahirkan modul -modul bagi tim pengajar yang akan melakukan training of trainer.

 

Hal itu disampaikan oleh Dian Rahmawati, Perwakilan Satgas KPK yang hadir bersama Tim dari Direktorat Pelayanan dan Pendidikan Masyarakat KPK dalam Diskusi di Aula Rapim Bale Guru Linuhung, Dinas Pendidikan Purwakarta, Sabtu (8/2/2020).

Baca Juga :  TMMD ke 106 Resmi Ditutup

 

Dian juga menyinggung soal agenda Dinas Pendidikan Purwakarta  yang akan menyelenggarakan Festival Film anti korupsi di Purwakarta.

 

“Dinas Pendidikan Purwakarta hebat karena telah melakukan berbagai akselerasi kemudian targetnya akan ada Festival Film anti korupsi di tingkat SD dan SMP. Ini merupakan terobosan besar. Dengan insersi dan pembentukan karakter yang baik , kelak akan lahir manusia unggul dan Indonesia akan terus tumbuh sebagai negara yang maju”, jelas Dian.

 

Dalam acara yang dihadiri oleh para pejabat dinas serta tim perumus modul implementasi pendidikan anti korupsi berbasis “ 7 Poe Atikan Purwakarta Istimewa” itu.  Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, DR. H. Purwanto menjelaskan, implementasi rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi kepada para peserta yang hadir.

Baca Juga :  Imlek Untuk Kedamaian Umat Beragama di Purwakarta

 

Menurut Purwanto, pendidikan anti korupsi di sekolah dilakukan sebagai upaya pencegahan melalui pemutusan generasi penerus. Generasi kedepan harus disiapkan melalui karakter yang baik mulai dari sekolah- sekolah.

 

“ Di Purwakarta telah dikeluarkan regulasi Perbup tentang hal tersebut dan telah ditindaklanjuti melalui sosialisasi deklarasi dan pelatihan TOT”, kata Purwanto.

 

Selanjutnya, jelas Purwanto, akan dilakukan pelatihan untuk semua guru di Kabupaten Purwakarta dengan narasumber fasilitator kabupaten dan Widya Iswara yang tersetifikasi KPK. ” Kita juga mendatangkan tim dari KPK yang hari ini datang dan lima pertemuan kedepan mereka akan terus datang untuk membimbing para guru di Purwakarta”, ujarnya.

Baca Juga :  Cegah Stunting, Disdik Purwakarta Dorong Sekolah Tanam Padi Bergizi

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, di bulan Februari ini akan diselenggarakan festival film anti korupsi hingga bulan April 2020 dengan tema “ Menyelamatkan Generasi dari Korupsi”. Tak Cuma itu, jelasnya, pihaknya juga akan mengadakan lomba esai dan komik pendidikan anti korupsi. Pembelajaran anti korupsi akan dilakukan di kelas, budaya sekolah dan lingkungan masyarakat.

 

Purwanto optimis hal ini akan berhasil jika semua pihak memiliki komitmen anti korupsi bersama-sama. “ Modal dasarnya adalah komitmen, kreatifitas dan cita – cita kita. Dengan upaya serius, maka saya yakin akan tumbuh anak -anak yang dapat berbuat baik sekaligus menjadi contoh di lingkungannya”,pukasnya. (Zul)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Daerah

Atalia kamil Ajak Pelajar Tangkal Hoaks Virus Corona

Pendidikan

Hakim Agung MA Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Jember

Advertorial

Pemkab Purwakarta Tingkatkan Spirit Literasi Masyarakat Lewat “Maranggi”

Daerah

CGANT Universitas Jember Gelar 3rd ICCGANT, Dukung Pengembangan TIK Untuk Pendidikan

Daerah

Mahasiswa STIE KHZ Muttaqien Sampaikan Kegalauan Pemuda Kepada Dewan

Daerah

Pecatur PALI Juara Umum pada Event Catur Tingkat Nasional

Pendidikan

SDN Gentong Ambruk, 3 Tewas 11 Luka-luka

Ekbis

Universitas Pendidikan Ganesha Bersinergi dengan DJP Kanwil Bali Dibidang Perpajakan