Home / Religi & Misteri / Serba Serbi

Jumat, 14 Agustus 2020 - 17:36 WIB

Menguak Fakta Gunung Hejo, Titik Utama Penyebab Kecelakaan di Tol Cipularang

MATAKITA.ID | Sudah bukan rahasia lagi kalau Cipularang dinobatkan sebagai salah satu tol paling banyak menelan korban di Indonesia. Jalan yang menghubungkan Cikampek – Purwakarta –Padalarang ini selalu diwanti-wanti oleh para pengendara.

Jika dicatat dari awal korban meninggal, ada banyak sekali nyawa yang melayang sia-sia, terutama di ruas jalan Km 97-90 menuju Bandung. Nah, dari banyak cerita masyarakat konon ada kekuatan mistis yang melingkupi jalan tol ini. Pusatnya ada di Gunung Hejo, yang disebut penyebab semua kecelakaan yang terjadi.

Bagi yang sering melewati tol ini, maka tidak akan asing dengan Gunung Hejo. Terletak di Km 97, Gunung Hejo sebenarnya lebih mirip perbukitan yang ada di sebelah kiri jalan dari arah Bandung ke Jakarta. Dikisahkan oleh sang juru kunci bahwa tempat ini dulunya pernah didatangi oleh Prabu Siliwangi saat sedang kalut karena kondisi Kerajaan Padjajaran yang semakin meredup. Prabu Siliwangi bertapa dan meninggalkan jejak berupa seonggok batu yang katanya menutupi lubang yang sangat dalam sekali.

Untuk menuju Gunung Hejo, pengunjung bisa menaiki anak tangga yang letaknya di samping jalan tol. Menurut sang penjaga, di tempat petilasan Prabu Siliwangi didirikan bangunan yang mirip dengan makam sebagai pertanda. Tugu tersebut tertutupi oleh kain berwarna putih dan selalu dibersihkan oleh sang penjaga. Tempat tersebut sering didatangi oleh orang dari berbagai penjuru Indonesia. Mereka datang ke Gunung Hejo tak lain untuk meminta wangsit, selain berziarah.

Ketika awal tol Cipularang dibangun, pihak kontraktor sebenarnya bermaksud untuk membelah dan menembus Gunung Hejo. Anehnya, Gunung ini tak bisa dirobohkan sekalipun sudah menggunakan alat berat. Akhirnya, mereka membuat jalan melingkar memutari gunung. Selama proses pembangunan, konon para pekerja juga sering melihat penampakan di daerah tersebut. Sang penjaga mengatakan untuk selalu hati-hati karena wilayah sekitar Gunung Hejo memang sudah dijaga sejak zaman dahulu.

Dilansir dari boombastis.com salah satu penyebab sering terjadinya kecelakaan adalah janji para kontraktor yang telat mereka realisasikan. Pihak kontraktor berjanji untuk membuat akses jalan menuju ke petilasan Prabu Siliwingi. Nyatanya, mereka tidak pernah membuat jalan, sampai akhirnya ada kecelakaan yang disebut masyarakat sebagai tumbal. Setelahnya, barulah tangga menuju petilan itu dibangun. Hasilnya, sama saja. Tol Cipularang tetap tampak menyeramkan bagi para pengendara.

Selain Gunung Hejo yang dianggap menyimpan banyak mistis, jalan di sekitar jalan memang menurun dan berbelok, sehingga para pengemudi harus super hati-hati. Ada atau tidaknya makhluk yang menghuni kawasan tol, harap sebelum bepergian lebih baik memanjatkan doa sebagai tameng dan perlindungan. ***

BACA JUGA :  [OPINI] Merubah Pancasila Adalah Tindakan Makar
Happy
Happy
%
Sad
Sad
67 %
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
33 %
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Daerah

Kereta Api, Transportasi Masa Depan Jawa Barat

Nasional

Nadiem Makarim: CSR Jangan Hanya Bangun Sekolah

Daerah

Toto Suripto Anggota Komisi IV DPRD Karawang Minta SPP SMA/SMK Digratiskan

Daerah

Verifikasi Data Pendaftaran Penerimaan Polri TA 2020 Dilakukan Online

Daerah

[OPINI] Memasukan Siswa Di Awal Ajaran Baru Akan Menciptakan Klaster Baru (bagian 4)

Budaya

Mengenal Lebih Dekat Ajaran Sunda Wiwitan Madrais

Daerah

PWI Jabar Bantu Sembako Kepada Warga Terdampak Covid – 19

Daerah

1.400 Guru Olahraga se Jabar Ikuti Junior NBA Coaches Academy 2020 di Bandung
%d blogger menyukai ini: