Permudah Masyarakat, Aplikasi SP4N-LAPOR! Rambah Layanan Pesan Instan | MATAKITA.ID google-site-verification=iDZD_sCXRN3R-DqV5CJ4GT0iMTQps4yfhRlW83dgnsI

Home / Media Sosial / Nasional

Senin, 29 Maret 2021 - 20:03 WIB

Permudah Masyarakat, Aplikasi SP4N-LAPOR! Rambah Layanan Pesan Instan

matakita . ID|-JAKARTA Pemerintah memperluas jangkauan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau SP4N-LAPOR!. Kini, masyarakat bisa mengakses aplikasi pengaduan tersebut melalui layanan pesan instan LINE, Telegram, dan Facebook Messenger.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menyampaikan, fitur _social media handler_ pada aplikasi LAPOR! mempercepat respon yang dibutuhkan masyarakat.

“Secara garis besar terdapat dua peningkatan fitur aplikasi SP4N-LAPOR! yang telah resmi diluncurkan yaitu aplikasi _mobile_ admin instansi dan fitur _social media handler_. Sasaran yang dituju tidak hanya dari sisi pengelola pengaduan namun juga dari sisi masyarakat sebagai pengguna,” ujarnya saat membuka kegiatan Peluncuran dan Bimbingan Teknis Aplikasi Mobile untuk Pengelola SP4N- LAPOR! dan Fitur Social Media Handler secara virtual, Senin (29/03).

BACA JUGA :  Korem 174 Merauke Siap Mendukung Kelancaran Pelaksanaan PON XX Tahun 2021 Di Papua

Diah menyampaikan, selain untuk aspek kecepatan, pengembangan fitur ini dilakukan untuk memperkenalkan dan memperluas jangkauan SP4N-LAPOR!. Terlebih, menjangkau masyarakat yang selama ini menggunakan media LINE, Telegram, dan Facebook Messenger.

Ekspansi SP4N-LAPOR! ke tiga media tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk pengaduan, permintaan informasi, dan penyampaian aspirasi. Lebih dari itu, Diah menegaskan yang terpenting adalah komitmen setiap penyelenggara pelayanan publik untuk menyelesaikan setiap aduan terkait pelayanan.

SP4N-LAPOR! juga menghadirkan fitur _mobile admin_, yang ditujukan bagi pengelola aplikasi pengaduan tersebut. _Mobile admin_ diharapkan memudahkan pengelolaan SP4N-LAPOR! dari berbagai perangkat, tidak hanya terbatas pada komputer saja. Melalui fitur ini, setiap aduan yang masuk dapat diakses dan dipantau langsung melalui aplikasi yang ada pada sistem Android dan IOS.

BACA JUGA :  Berdosalah Bagi Oknum Pembuang Sampah Sembarangan, Penebar Penyakit di Lingkungannya

“Dengan kemudahan akses tersebut, kami berharap aduan yang masuk dapat semakin cepat untuk ditindaklanjuti sehingga tingkat kepercayaan masyarakat juga dapat meningkat pada aplikasi SP4N-LAPOR!,” ungkap Diah.

Pada kesempatan yang sama Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad menyampaikan saat ini masyarakat dapat menyampaikan permintaan informasi, masukan dan saran melalui beberapa kanal SP4N-LAPOR! diantaranya website www.lapor.go.id, SMS ke 1708, aplikasi Android dan iOS SP4N-LAPOR!. “Agar Pengelola SP4N-LAPOR! bisa lebih cepat dan responsif dalam melakukan pengelolaan pengaduan, Kementerian PANRB dengan bantuan USAID-Cegah telah mengembangkan aplikasi mobile untuk Admin Instansi dan Pejabat Penghubung,” ujarnya.

BACA JUGA :  Refreshment Kader TBC oleh SSR TBC Komunitas GF-ATM Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Brebes

Berdasarkan data pengelolaan tahun 2020, SP4N-LAPOR! telah digunakan secara luas oleh 1.145.944 Pelapor dan 46.041 Admin Pengelola yang tersebar di 657 instansi pemerintah. Laporan yang dikirimkan pada tahun 2020 berjumlah 195.438 laporan, yang rata-rata per harinya kurang lebih 535-536 laporan. (Red)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Ekbis

Dianggap Inkonsisten, JAPEKSI akan lakukan Judicial Review UU Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Pekerja Sosial

Infrastruktur

Satlantas Polres Gowa hadiri Rakor Andalalin Dampak lalulintas Pembangunan Toserba

Hukum & Kriminal

Polres Serang Kota Gelar Apel Dan Patroli Skala Besar Di Hari Paskah

Hukum & Kriminal

Mahfud Imbau Kepala Daerah Hindari Perilaku Koruptif

Ekbis

Diduga Labrak RTRW, PW Kumala dan Aktivis Kalam Desak Pemkab Tutup Ternak Ayam di Cileles dan Gunung Kencana

Hukum & Kriminal

Kapolda Jateng: Tidak Ada Ruang Untuk Terorisme Dan Radikalliseme, di Wilayah Polda Jateng

Nasional

Polisi Maen Proyek Lapor ke Call Centre /WA 0813 8468 2019

Hukum & Kriminal

Kapolri: Pelaku Teror Seorang Wanita Berinisial ZA, Simpatisan ISIS
%d blogger menyukai ini: