Polda Jateng Tangkap MI , Terduga Provokator Tolak PPKM Darurat di Brebes | MATAKITA.ID google-site-verification=iDZD_sCXRN3R-DqV5CJ4GT0iMTQps4yfhRlW83dgnsI

Home / Hukum & Kriminal / TNI/ Polri

Rabu, 21 Juli 2021 - 16:51 WIB

Polda Jateng Tangkap MI , Terduga Provokator Tolak PPKM Darurat di Brebes

Brebes | Matakita.id – Polisi tangkap seorang pria berinisial MI alias I (27) warga Losari Kabupaten Brebes yang diduga menjadi provokator aksi penolakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Brebes, Jawa Tengah (Jateng).

“Modusnya menyerukan untuk berkerumun atau berkumpul,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes M. Iqbal Al-Qudusy kepada wartawan, Jakarta, Rabu (21/7/2021).

Iqbal menjelaskan, perkara ini awalnya ketika pada Minggu 18 Juli 2021, jajaran kepolisian sedang berpatroli di pos penyekatan Simpang 3 Exit Tol Brebes Barat. Dalam hal itu, polisi meminta keterangan dua orang saksi. Pengakuannya bahwa mereka ingin mengikuti seruan Brebes bergerak untuk aksi menolak PPKM di Alun-Alun Brebes.

BACA JUGA :  Pelaksanaan PPKM di Brebes Dinilai Berjalan Baik

Akhirnya, saksi tersebut dibawa ke kantor polisi untuk menceritakan soal seruan aksi penolakan PPKM Darurat yang kini berganti menjadi PPKM Level 4 tersebut. Menurut Iqbal, dari pengakuan dua orang tadi, mereka mendapatkan seruan dari postingan grup Facebook bernama Losari Dalam Berita.

BACA JUGA :  Polda Banten Dukung Instruksi Gubernur Tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata

“Setelah adanya laporan selanjutnya mencari informasi keberadaan tersangka, setelah di dapat informasi petugas melakukan penangkapan terhadap tersangka,” ujar Iqbal.

Kabidhumas menjelaskan selain kasus yang menjerat MI, Ditreskrimsus Polda Jateng juga telah mendapati tiga akun Facebook yang berisikan berita bohong dan ujaran kebencian terkait PPKM Darurat dari hasil operasi siber.

Selain itu penyidik juga mendapati 11 link tik tok yang menyebarkan ujaran kebencian dan provokatif.

BACA JUGA :  Kapolda Sulsel Pantau Pengamanan Gereja Pada Perayaan Kenaikan Isa Al-Masih Di Makassar

“Peyidik melakukan take down terhadap sejumlah kasus tersebut,”tutupnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, tersangka MI akan dijerat dengan Pasal 93 Jo Pasal 9 UU RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan atau Pasal 14 UU RI Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. ( Red )

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

TNI/ Polri

Kapolres Pekalongan Perintahkan Jajarannya Gencarkan Operasi Yustisi Covid-19

TNI/ Polri

Kedapatan tidak menggunakan masker, 37 warga Tambora di tindak petugas

Tips Sehat

Polresta Balerang Gelar Focus Group Discussion Pencegahan Dan Penanggulangan Paham Radikalisme Dan Terorisme Dihadiri Mabes Polri

Tips Sehat

Peningkatan Pelayanan Masyarakat, Mabes Polri kirim ambulan operasional Nemangkawi ke Timika

Tips Sehat

Upaya Kapolri dan Panglima Tekan Angka COVID-19 di Kediri Paska Libur Lebaran

Hukum & Kriminal

Kapolres Pekalongan : Pastikan Rumah Aman Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Hukum & Kriminal

2 Orang Diperiksa Terkait Dugaan Tipidkor Proyek Pembanguna Jalur Transmisi 275 KV Gardu Induk Kiliranjao- Payakumbuh PLN UIP Medan TA 2016-2017

Hukum & Kriminal

Usai Ditetapkan Tersangka, EAP alias ANJ Jalani Assesment Selama Tiga Jam Lebih di BNNP Jakarta
%d blogger menyukai ini: