Sebar Ujaran Kebencian Satgas Nemangkawi Tangkap Ketua KNPB Merauke | MATAKITA.ID google-site-verification=iDZD_sCXRN3R-DqV5CJ4GT0iMTQps4yfhRlW83dgnsI

Home / Hukum & Kriminal

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:52 WIB

Sebar Ujaran Kebencian Satgas Nemangkawi Tangkap Ketua KNPB Merauke

Papua | Matakita.id – Pelaku penyebar informasi hoaks Manuel Metemko alias EKM (38) ditangkap Satgas Nemangkawi di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kelapa V, Kecamatan Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (9/6/2021).

Manuel telah menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian permusuhan individu maupun kelompok masyarakat dengan SARA.

Penangkapan pelaku Manuel dilakukan atas penyelidikan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Satgas Nemangkawi, dengan adanya LP/A/252/VI/2021/SPKT/Sat Reskrim/Res Merauke/Polda Papua, tanggal 07 Juni 2021, adapun barang bukti yang berhasil disita 1 (satu) Buah Hanphone merk VIVO warna biru.

BACA JUGA :  2 Orang Diperiksa Terkait Dugaan Tipidkor Proyek Pembanguna Jalur Transmisi 275 KV Gardu Induk Kiliranjao- Payakumbuh PLN UIP Medan TA 2016-2017

“Pemilik akun facebook Manuel Metemko a.n EKM Ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Merauke harus mempertanggungjawabkan perbuatannya yang telah berulangkali melakukan tindakan penyebaran berita yang tidak benar atau hoaks, provokasi, kebencian antar pribadi maupun kelompok masyarakat,” kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi KBP Iqbal Alqudussy, dalam keterangan pers, Kamis (10/6/2021).

Saat ini Tim Satgas Siber telah nembawa tersangka ke Polres Merauke untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tentunya pemeriksaan Digital Forensik terhadap barang bukti yang diamankan.

BACA JUGA :  Sucikan Bulan Ramadhan, Polsek Parangloe Gelar Operasi Miras

“Nanti akan dikembangkan kembali berapa postingan-postingan yang hoaks dan provokatif dalam pemeriksaan pelaku maupun dari hasil digital forensik. Janganlah membuat berita Hoax atau tidak benar, memprovokasi masyarakat dengan berita-berita kebencian yang berakibat permusuhan di bumi Papua, Masyarakat ingin hidup damai,” katanya.

Pelaku dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA dan berita Bohong (hoaks) melalui aplikasi media Sosial facebook.

BACA JUGA :  Kuasa Hukum Endar Susilo Mempertanyakan Cepatnya Putusan Kasasi MA

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 45A ayat (2) Juncto Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008. ( Red )

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Buka Rakernis Baintelkam, Kapolri: Presisi Dimulai dari Fungsi Intelijen

Hukum & Kriminal

Mayat Gosong Ditemukan di Flyover Kramatsampang Kersana

Hukum & Kriminal

1 Orang Diperiksa Terkait Perkara Dugaan Tipidkor Pembelian Gas Bumi Oleh PDPDE Sum Sul

Daerah

Polsek Plered Polres Purwakarta Lakukan Rapid Test Kepada Penghuni LP

Hukum & Kriminal

Kejati Banten Penjarakan 2 Orang Tersangka IS Dan TS Atas Dugaan Penggelapan Dana Hibah Ponpes

Hukum & Kriminal

Menteri PPN Bahas Pembentukan Dewan Keamanan Nasional

Hukum & Kriminal

Jaksa Agung RI Buka Pasar Murah Virtual Untuk Para Pengemudi Ojek Online

Daerah

Tidak Ada Toleransi Bagi Anggota Polri Yang Positif Narkoba
%d blogger menyukai ini: