Home / Daerah

Rabu, 6 Januari 2021 - 16:36 WIB

Sinergitas Polresta Cirebon Kodim 0620/Kabupaten Cirebon dan Warga Gotong Royong Bersihkan Dampak Puting Beliung di Desa Slangit

MATAKITA.ID | Ratusan petugas Polresta Cirebon Polda Jabar, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, dan warga bergotong royong membersihkan puing-puing dampak puting beliung di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Rabu (6/1/2021).

Mereka tampak memunguti reruntuhan material bangunan dan dahan pohon yang berserakan. Mengingat puting beliung yang terjadi pada Sabtu (2/1/2021) lalu mengakibatkan banyak pohon tumbang dan rusaknya 315 rumah warga.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Si menginformasikan bahwa material-material tersebut dikumpulkan di beberapa titik kemudian diangkut menggunakan mobil ranger dan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA :  Putus Mata Rantai Covid 19, Polres Majalengka Gencar Sosialisasikan 3M dan Bagikan Masker Gratis

Kapolresta Cirebon Polda Jabar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, mengatakan, dalam gotong royong kali ini 300 personel Polresta Cirebon Polda Jabar dan Polsek jajaran zona barat dikerahkan. Para petugas juga dibagi dalam beberapa tim dan disebar ke seluruh wilayah Desa Slangit.

“Puting beliung beberapa hari lalu menyisakan puing dan sampah berserakan, sehingga harus dibersihkan agar suasananya kembali seperti semula,” ujar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

BACA JUGA :  Nekat Keluar Malam, Di Sidoarjo Lima Orang Dinyatakan Positif Covid-19

Ia mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk membantu masyarakat Desa Slangit yang terdampak puting beliung. Pasalnya, hingga hari kelima pasca terjadinya puting beliung di Desa Slangit masih banyak material bangunan, pepohonan, dan sampah yang berserakan.

Namun, secara umum sejumlah rumah yang mengalami kerusakan telah diperbaiki. Selain itu, gotong royong juga diharapkan dapat memulihkan sektor ekonomi dan aktivitas warga Desa kembali normal.

“Kami membantu masyarakat membersihkan reruntuhan bangunan dan pohon akibat puting beliung. Tapi, dari awal personel kami telah diterjunkan di Desa Slangit ini bersama TNI, BPBD, dan lainnya,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

BACA JUGA :  Ribuan Buruh Purwakarta Tuntut UU Cipta Kerja Di Batalkan

Pihaknya telah menginstruksikan jajarannya segera membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik dalam memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan maupun membersihkan material bangunan dan sampah.

Dalam kesempatan itu, Syahduddi juga turun langsung membersihkan puing, dahan pohon, dan sampah yang berserakan. Bahkan, turut serta membersihkan selokan dari sampah dedaunan yang memenuhinya.***

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Daerah

Datangi Pertokoan Kapolres Banjar Sampaikan Imbauan 3M

Daerah

Polres Sidoarjo Razia Pelanggar PSBB, Dari 291 Orang 3 Diantaranya Dinyatakan Reaktif Corona

Daerah

Momentum HUT RI ke 75, Ridwan Kamil Tekankan Pengendalian Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Berjalan Beriringan

Daerah

Terkait Virus Corona di PALI, Gubernur Sumsel Beri Bantuan Rp 21 Miliar dan Sejumlah APD

Daerah

Polres Purwakarta Tetapkan Pelaku Peninju Kades Jatimekar Sebagai Tersangka dan Langsung Ditahan

Daerah

Duhh! PDP di Purwakarta Bertambah 2 Orang

Daerah

Hari Pertama PSBB di Purwakarta Masih Banyak Pengendara Yang Melakukan Pelanggaran

Daerah

Empat Organisasi Wartawan Desak Bupati Mesuji Evaluasi Jubir Gugus Tugas Covid 19